September 7, 2021

Mengetahui Lebih Detail Terkait Dengan Bore Pile

Saat bergelut dalam bidang konstruksi tentu sudah tidak asing dengan istilah bore pile. Karena bore pile sendiri menjadi salah satu fondasi yang banyak digunakan dalam proses pembangunan. Bore pile sendiri menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang melakukan pembangunan dan menginginkan hasil bangunan kualitas terbaik. Fondasi yang satu ini dapat menyalurkan seluruh beban pada konstruksi ke tanah dengan struktur yang lebih keras. Dengan hal tersebut maka membuat bangunan pun jauh lebih berkualitas. Tak lain karena memiliki fondasi yang memang sangat kuat. Lalu apa yang dimaksud dengan bore pile? Nah bore pile merupakan sejenis fondasi yang memiliki elemen beton tulang yang nantinya akan dimasukkan ke dalam lubang bor. Untuk melakukan pembuatan fondasi yang satu ini memang harus dilaksanakan dengan metode pengeboran terlebih dahulu. Namun bukan asal pengeboran, karena harus dilakukan dengan berurut kemudian juga menggunakan getaran rendah. Bore pile sendiri juga bisa digunakan sebagai fondasi dan pengaman bangunan juga stabilisasi lereng. Untuk fondasi yang dihasilkan memiliki desain dengan bentuk tabung. Fungsi utamanya adalah untuk meneruskan beban bangunan sampai di lapisan tanah yang keras. Namun tidak cukup untuk menahan beban bangunan secara keseluruhan saja, namun juga dibutuhkan daya dukung tambahan. 

Jenis-Jenis Fondasi Bore Pile Yang Bisa Anda Ketahui

Dalam dunia konstruksi, ada beberapa jenis alat dan juga metode pengerjaan bore pile. Mau tahu apa saja jenisnya? Tentu saja anda wajib untuk membaca artikel ini sampai akhir. Adapun bore pile yang dimaksud adalah sebagai berikut ini. 

  • Bore pile Mini Crane

Jika anda memanfaatkan bore pile yang satu ini, maka anda bisa mendapatkan fondasi dengan pilihan ukuran diameter 30, 40, 50, 60 bahkan sampai 80 dalam ukuran Centimeter. Untuk metode yang digunakan dalam sistem bor ini adalah metode bor basah atau wet boring. Untuk itu dalam proses pembuatan pun dibutuhkan air yang cukup banyak. Hal ini bertujuan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pekerjaan tersebut. Hasil lain yang didapatkan ialah bisa mengetahui ketersediaan sumber air di tempat tersebut. 

  • Bore Pile gawangan

Untuk sistem kerja dari alat bore pile yang satu ini tidak jauh berbeda dengan bore pile mini care. Dimana yang membedakan hanya pada desain sasis dan juga tiang tempat gearbox yang mana dibutuhkan tambang pada bangunan kanan dan juga kiri dari alat tersebut. Selain itu juga harus dikaitkan dengan tempat lain yang kokoh, hal ini bertujuan dalam menjaga keseimbangan alat supaya pengeboran tidak melenceng. 

  • Strauss pile

Jika anda memilih untuk menggunakan metode bor yang satu ini, maka anda pun harus menggunakan tenaga manual untuk memutar mata bor tak lain karena menggunakan bore pile kering. Alat ini lebih praktis, tak lain karena memiliki komponen yang lebih simpel, ringkas juga lebih mudah untuk dioperasikan. Yang lebih menarik lagi, bore ini tidak bising saat pengerjaan dilaksanakan. Namun pastinya ini memiliki kekurangan, salah satunya keterbatasan diameter dalam menggalinya. Yang mana diameter tersebut berkisar pada 20cm, 25cm, 30cm dan juga 40cm. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah tenaga pergerakan yang digunakan hanyalah tenaga manusia. Yang mana akan relatif lebih kecil dibandingkan dengan tenaga mesin. Oleh karena itu sistem strauss pile sendiri lebih banyak digunakan pada bangunan dengan skala kecil. 

Metode Pelaksanaan Pondasi Bore Pile

Untuk melakukan pondasi bore pile sendiri pasti tidak bisa dilakukan secara asal-asalan bukan? Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan serta disesuaikan dengan metode dalam pelaksanaannya. Adapun beberapa bagian penting yang dapat dilakukan dalam tahap bore pile adalah sebagai berikut ini. 

  • Tahap persiapan

Pertama yang perlu dilakukan dalam sistem bore pile adalah mempersiapkan semuanya. Karena persiapan yang dilakukan memang tidak lagi sedikit. Persiapan pertama yang di lakukan adalah mempersiapkan lokasi. Dimana kita harus memilih lokasi yang lebih aman agar pembuatan pondasi juga lebih tepat. Selain itu juga perlu memastikan akses jalan keluar masuk pada proses pelaksanaan. Memastikan letak titik-titik bore pile di lapangan juga membuat time schedule pelaksanaan pondasi. Yang terakhir adalah mempersiapkan report monitoring

  • Galian

Pertama yang perlu kita lakukan adalah melakukan set alat pada pondasi titik yang nantinya akan dibor. Kemudian melakukan pengaturan mesin bor yang sesuai dengan penggunaan. Dilakukan proses pengeboran pada kedalaman 6 meter serta memasang casing 6 meter. Memanfaatkan full casing saat melakukan proses pengeboran guna mengatasi tanah longsor pada kondisi lapisan tanah yang tidak baik. Untuk proses pengeboran sendiri dilakukan pada kedalaman yang sudah dikehendaki. Selain itu memanfaatkan bucket cleaning yang manfaatnya adalah membersihkan lumpur pada bor. Yang terakhir adalah mencatat kedalaman, jenis, ketebalan, lapisan tanah dan juga muka air. Untuk metode galian pada pengerjaan bore pile sendiri terdiri dari 3 bagian. Yang mana ada dengan metode kering, metode basah dan juga metode casing. 

  • Instalasi tulang atau penulangan

Pekerjaan penulangan tiang bor sudah dapat dilakukan bersamaan dengan proses persiapan. Letak tulangan haruslah berdekatan dengan alat berat agar lebih mudah. Selain itu juga dibutuhkan instalasi tulangan. 

  • Pengecoran

Tahap terakhir yang dilakukan untuk melakukan bore pile adalah pengecoran material juga menutup lubang bekas pengecoran. 

Manfaat Dari Pengeboran Bore Pile

Nah itulah beberapa hal yang berkaitan dengan bore pile. Selain itu perlu diketahui juga terkait dengan manfaat bore pile yang bisa anda dapatkan. Dimana manfaat tersebut sangatlah banyak. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini. 

  • Dalam proses pemasangan tidak akan menciptakan gangguan suara maupun getaran karena dalam proses pembuatannya dilakukan dengan teknik manual. Nah hal ini selama proses pemasangan berlangsung, lingkungan disekitar proyek tidak terganggu juga proses ini juga tidak lagi berisiko dalam tahap bangunan yang diletakkan pada sekitar tempat tersebut.
  •  Dalam proses bore pile sendiri tidak lagi membutuhkan banyak beton dan juga rangkaian tulang yang digunakan dalam penutup tiang akan lebih sedikit. Hal ini membuat biaya yang dibutuhkan memang jauh lebih murah dibandingkan dengan pondasi yang lainnya. Kemudian fondasi yang satu ini juga bisa dikerjakan ditempat yang sulit. 

Nah itulah beberapa hal yang berkaitan dengan bore pile. Jika anda membutuhkan bore tersebut tentu saja anda pun bisa mendapatkan dengan begitu mudah karena saat ini begitu banyak layanan jasa pengeboran yang bisa kita temukan secara online. Anda cukup search di mesin pencarian google, bisa dipastikan jika anda pun bisa mendapatkan dengan sangat mudah sekali. Tentu saja ini akan sangat memberikan keuntungan yang besar. Namun semua harus dipastikan bila anda memang bekerja sama dengan layanan yang benar-benar bisa diandalkan. 

Menu :
Home
Profile
Services
Added Value
Lainnya :
Home
Profile
Services
Added Value
Sosial Media :
pengeboranjawatimur.com © 2022
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram